Fscchan, Imageboard Pertama Buatan Anak Negeri

Tampilan Antarmuka Fscchan

KUSENGARD - Apakah kalian pernah mendengar istilah imageboard? Jika masih asing maka sebelum saya me-review web fscchan saya akan mengenalkan kalian sedikit tentang apa itu imageboard.

Menurut WikipediaAn imageboard or image board is a type of Internet forum which operates mostly via posting images. Jadi imageboard atau papan gambar adalah sebuah forum yang umumnya pengguna berdiskusi menggunakan gambar secara anonim. Sudah dapat gambaran kan? Jika sudah langsung saja saya bahas board fscchan ini. 

Fscchan ini awalnya dibentuk pada tahun 2017 oleh Anssen, seorang penulis novel ringan dan seorang programmer. Awalnya Anssen membuat imageboard ini secara iseng dan dibuat dalam 7 jam saja. Tak disangka board ini ternyata dapat menampung minat para pengguna internet dalam berbagai bidang.

Macam-macam forum

Dalam fscchan terdapat 3 pengelompokan forum, yaitu Popkultur, Kekinian, dan Bebas.
Popkultur sendiri membahas budaya nge-tren yang lagi di gandrungi oleh para anak muda. Lalu dalam kekinian terdapat subforum yang berisi berbagai subforum yang banyak diminati manusia pada umumnya. Dan forum Bebas berisi hal-hal yang tidak dapat dikelompokan dalam forum2 lainnya.

Untuk lebih jelas lagi kita bisa coba klik salah satu forum, untuk contoh saya akan menuju forum /mipa/ yang membahas Sains dan Teknologi.

Setelah masuk bagian sub-forum kita bisa lihat unsur-unsur yang terdapat pada laman tersebut. 

Tampilan tombol navigasi

Pada bagian paling atas bisa kita lihat tombol navigasi yang memudahkan kita untuk berpindah subforum. Penulisan pada tombol navigaasi ini sangat mudah digunakan karena penamaan menggunakan istilah yang mudah dipahami oleh pengguna yang ditujukan ke anak muda.

Tampilan judul subforum

Setelah navigasi terdapat judul subforum yang kita tuju. Jadi kita bisa tahu sedang berada di subforum mana kalian. Di setiap judul subforum disertakan juga papan pengumuman yang berfungsi untuk memberitahu tentang update atau berita terbaru dari web dari pengurus web.

Setelah judul ada bagian untuk membuat sebuah topik pembicaraan. Bagian ini dapat dipakai oleh seluruh pengguna web untuk membuat sebuah percakapan baru sesuai dengan subforum yang ada.
Di bagian ini para pengguna bisa membuat pengisian forum dengan mengisi kolom yang tersedia. Untuk pengisian Nama dan Surel umumnya para pengguna tidak mengisi karena dalam imageboard seperti ini kita seharusnya posting secara anonim sehingga kita akan memiliki derajat yang sama dalam percakapan. Judul bisa diisi dengan topik yang ingin dibicarakan lalu Pesan dapat diisi dengan tulisan yang memperkuat alasan untuk membuat utas tersebut. Lalu pengguna bisa menambahkan gambar pada utas dengan mengupload gambar pada kolom gambar. Sebelum mengirim utas pengguna harus memverivikasi captcha guna mencegah tercadinya spam. Setelah semuanya dirasa cukup pengguna bisa memencet tombol kirim.

Begini contoh thread atau utas para pengguna.
Contoh utas dan komentar

Dalam utas yang sudah jadi para pengguna lain dapat ikut berdiskusi dan menambahkan komentar. Untuk menambahkan komentar sendiri cukup gampang, pengguna dapat memencet tombol balas di pojok kanan laman, setelah kita pencet bakal muncul kotak balas utas yang cara mengirim komentar hampir mirip dengan cara mengirim topik pembicaraan.

Kotak komentar

Sekian ulasan tentang fscchan ini, saya kira anda sudah paham secara garis besar tentang web ini.