Review : LAB D109 NYAMAN? KURANG ENAK? atau BERLEBIHAN?


Ilustrasi foto
Sumber : Dokumen Penulis

KUSENGARD - Semoga setelah membaca thread ini kita mahasiswa jadi bisa lebih menikmati, mensyukuri, dan lebih tentram belajarnya di lab gedung D109 PKN STAN ini dan saya harap pembaca dapat menerima informasi dari saya secara santai dan ikhlas. Sebelumnya saya mohon maaf terlebih dahulu kepada Pak Eko karena telah mencuri kesempatan untuk mengambil foto tanpa ijin hehe.

Jadi begini. Tanggal 18 September 2018 itu pertemuan pertama matkul Pengantar Komputer oleh Pak Eko Satyono dan kali pertamaku memasuki lab D109 yang seharusnya pertemuan pertama ku itu tanggal 11 September. Tapi tidak apa karena tanggal 11 itu saya jadi bisa mempersiapkan google classroom dan materi lainnya. Tapi saya tidak akan bahas keluhan itu karena mengeluh saja tidak menyelesaikan masalah hahaha. 

Kembali ke topik. Kali ini saya ingin membahas bagaimana sih kondisi lab ini, karena hal itu yang terbesit dipikiranku ketika pertama masuk di lab soalnya dulu saya sering main ke warnet dan hobi saya itu menilai warnet dari aspek kenyamanan, keamanan ,dan pelayanan dari warnet tersebut. 

Saya mulai saja dari awal masuk. Saat masuk kita disuruh untuk melepas sepatu dan ditaruh dalam rak. Ini cukup efektif karena dengan melepas sepatu, kotoran yang ada di outsole sepatu tidak ikut masuk kedalam lab dan tidak menggunakan karpet seperti lab pada umumnya juga sebuah tindakan yang cukup benar menurut saya karena penggunaan karpet malah dapat menyimpan debu dan menurut pengalaman saya malah dapat menimbulkan residu seperti gumpalan benang karpet.

Berbicara tentang debu tentu saja ini tidak bisa dilewatkan begitu saja karena saya bisa melihat ada debu yang dengan santainya duduk diatas CPU. Bila dibiarkan begitu saja debu ini bisa masuk ke CPU dan dapat mepengaruhi performa dari komputer itu sendiri. Paling tidak CPU usahakn dibersihkan dua bulan sekali dengan melepas case dan membersihkan hardware dengan sikat halus.

Seperti yang dilihat dari gambar diatas, selain debu ada lagi poin yang mengganjal menurut saya. yaitu posisi peletakan cpu  di samping kursi kita duduk. Peletakan CPU seperti dibawah ini
memiliki bebrapa kerugian. Diantaranya dalam segi kenyamanan dan keamanan. Jika saya ingin berlagak seperti orang yang paham akan hal "beginian" saya pasti beralasan agar grounding grounding mudah dilakukan. Namun dari segi kenyamanan tentu saja kita akan terganggu dengan penempatan CPU seperti ini karena penempatan seperti ini terlalu memakan banyak ruang, lalu dalam segi kemanan CPU yang menghalangi jalan masuk kita kebangku ini rentan akan terjadinya benturan dengan kaki kita. Saya yakin setiap hari pasti ada CPU yang berbenturan dengan kaki mahasiswa yang akan masuk ke bangku. Selain itu kerapian kabel itu juga penting guna mengurangi terjadinya kerusakan. Seperti yang bisa anda lihat kabel yang ada tidak dirapikan dengan kabel tis atau zip ties yang dapat menambah resiko terjadinya tersandung.



Lalu dari segi pencahayaan, lab ini memiliki pencahayaan yang sangat memadai karena penggunaan jendela kaca yang lebar sangatlah efektif sehingga cahaya yang masuk berasal dari samping kiri kanan komputer sehingga tidak membuat mata lelah ketika menggunakan komputer karena penggunaan cahaya seperti ini tidak memantulkan cahaya dari layar monitor. Untuk lampu sendiri saya rasa cukup memadai. Ini hanya kira-kira saja karena saya belum pernah mengalami kelas sore/malam di lab. Lab ini dilengkapi dengan sejumlah lampu neon yang diletakkan di langit2 yang memiliki jarak yang cukup sehingga persebaran cahaya dapat diraih secara efektif.


Kesimpulan dari review ini, Lab D109 ini memiliki beberapa hal yang perlu dibenahi seperti debu, peletakan CPU, dan kerapian kabel. Untuk kelebihannya pencahayaan di lab ini sudah lebih dari cukup. Secara keseluruhan untuk tujuan pembelajaran selama kita tidak banyak tingkah kita pasti aman dalam belajar di Lab D109.

Untuk sementara ini saja yang dapat saya review dari Lab D109 ini mungkin bila diberi kesempatan lagi saya akan melakukan review tentang spec salah satu PC di lab ini.
First

2 komentar


EmoticonEmoticon